Selasa, 17 Januari 2012

Mengenal Arti Brotherhood dalam perspektif Islam


            Subhanallah Islam itu indah yah...islam selalu mengajarkan kita berbagai hal mengenai urusan duniawi maupun akhirat. Dalam syariat islam terdapat permasalahan-permasalahan yang perlu dikaji dan ditelaah hukum syar’i nya supaya lebih jelas kedudukannya dalam proses pengamalan yang dilakukan oleh pemeluknya baik dalam segi ibadat, muamalah, tauhid maupun hukum syariah lainnya.
            Salah satu hal yang perlu kita ketahui adalah ukhuwah atau kata gaulnya brotherhood yang artinya persaudaraan. Islam menganjurkan sesama muslim untuk mempererat tali persaudaraan, ibarat sebuah bangunan yang terdiri dari beberapa tiang-tiang yang berfungsi tuk saling memperkuat dan menyokong antar fondasi yang lain.
            Namun sangat disayangkan, dewasa ini banyak remaja yang menyalahgunakan pengertian-pengertian yang di ajarkan oleh islam. Banyak kita temukan di kalangan masyarakat, para pemuda pemudi saling bertaaruf sesama lawan jenis dengan berdalih ingin memperkuat ukhuwah islamiyah, meskipun dalam hal ini islam memperbolehkan akan tetapi hendaknya mereka tidak seenaknya melanggar  aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh syariat. Mengenal atau bertaaruf lebih jauh untuk hal yang positif (khitbah) itu tidak dilarang, bahkan dianjurkan. Akan tetapi jika kata ukhuwah itu di jadikan sebagai ladang pencarian cinta jelas tidak diperbolehkan.
            Sahabat Umar bin khatab pernah berkata: “tidak ada nikmat kebaikan yang Allah SWT berikan setelah islam, selain saudara yang shalih. Maka jika slaah seorang dari kalian merasakan kecintaan dari saudaranya, maka peganglah kuat-kuat persaudaraan dengannya”.  Hadits yang diriwayatkan Umar bisa di interpretasikan bahwasanya sesama muslim itu adalah saudara, dan sudah sepatutnya sesama saudara itu harus saling tolong menolong dalam hal kebaikan. Kasih sayang dan rasa kecintaan akan muncul ketika sesama saudara itu memiliki jiwa yang satu, rasa solidaritas yang tinggi, bahkan mempunyai persamaan prinsip dalam hidupnya. Dan jikalau di antara kawan-kawan mempunyai saudara seiman yang selaras dengan kita, maka jangan pernah kita memutuskan hubungan persaudaraan dengannya. Karena rasa kasih sayang yang diberikan kepada kita itu merupakan rahmat, nikmat serta kasih sayang Allah untuk hambanya melalui mediasi saudara nya sendiri.
            So, sesama muslim sejati...jagalah selalu prinsip brotherhood kalian key..jangan sampai terpikat oleh belenggu adu domba syetan terhadap kalian. Karena sesungguhnya syetan itu menyesatkan bagi kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar