Minggu, 23 Oktober 2011

Asyik!..Makan Coklat Bisa Kurangi Risiko Kena Stroke

Sesuatu yang manis saat digigit itu ternyata belum tentu buruk untuk kesehatan Anda. Coklat misalnya. Hal itu terungkap dari penelitian baru yang dilakukan Swedia terhadap jenis makanan yang digemari kaum hawa dan anak-anak ini.

Hasil penelitian terhadap 33.000 wanita Swedia menemukan fakta, lebih banyak coklat yang dimakan mereka, lebih rendah risiko mereka terserang stroke. Hasil ini terkait dengan bahan dasar coklat yang cocoa yang ternyata baik untuk kesehatan jantung.

Namun menurut Susanna Larsson dari Institut Karolinska di Stockholm tidak dengan serta merta, Anda yang memakan banyak coklat justru bisa mengurangi risiko terserang stroke. Karena menurutnya terlalu banyak makan coklat juga bisa menjadi kontraproduktif.

“Konsumsi coklat sebaiknya tak berlebihan, karena makanan ini tinggi kandungan kalori, lemak dan gula. Coklat murni lebih baik dikonsumsi daripada coklat susu. Karena coklat murni mengandung lebih banyak cocoa, dan lebih sedikit kandunga gulanya. Mengonsumsi coklat murni tentunya lebih menguntungkan kesehatan,” kata Susanna Larsson baru-baru ini.

Larsson dan koleganya merekam kebiasaan makan coklat kaum wanita Swedia pada 1997, dari usia antara 49 hingga 83 tahun. Dalam satu dekade, terdapat 1.549 wanita yang terserang stroke, dan semakin banyak mereka mengonsumsi coklat justru risiko terserangnya semakin rendah.

Diantara mereka yang mengonsumsi coklat sebanyak 45 gram dalam sepekan, hanya terdapat 2,5 persen saja yang terkena stroke dari 1.000 wanita tersebut dalam setahun. Sedangkan dari 1.000 wanita yang mengonsumsi coklat hanya 8,9 gram sepekan, jumlah yang terserang stroke dalam setahun mencapai 7,8 persen.

Para ilmuwan memperkirakan ada kandungan yang disebut flavonoid atau biasa disebut flavanols di dalam coklat yang bertanggungjawab pada dampak untuk kesehatan. Menurut Larsson, flavonoids ini bisa memangkas tekanan darah tinggi yang merupakan factor utama terserang stroke.

2 komentar:

  1. Nice content!! btw blogx dksh buku tamu dong biar enak klo mo leave comment

    BalasHapus
  2. Ok,,,kpan2 saran direalisasikan,,thq yah...

    BalasHapus